💸Proses Transaksi Pembayaran

Proses Transaksi Pembayaran menggunakan payment gateway midtrans disekolah adalah serangkaian langkah atau tahapan yang dilakukan untuk memfasilitasi pembayaran di lingkungan sekolah dengan menggunakan layanan payment gateway dari midtrans. Proses ini melibatkan pengumpulan informasi pembayaran dari siswa atau orang tua/wali murid, validasi data pembayaran, serta pengiriman dana melalui midtrans ke rekening. Payment gateway midtrans menyediakan berbagai metode pembayaran seperti transfer bank, kartu kredit, dan e-wallet yang dapat dipilih oleh pelanggan sesuai dengan preferensi masing-masing. Pentingnya proses transaksi pembayaran yang baik dengan menggunakan payment gateway midtrans adalah untuk memudahkan dan mempercepat proses pembayaran, meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi, serta memberikan pengalaman pembayaran yang lebih nyaman bagi pengguna.

Step1: Proses Transaksi Pembayaran Melalui Admin
  • Login menggunakan user admin atau pegawai.

  • Pilih menu Transaksi Pembayaran.

  • Masukkan NIS atau nama siswa di dalam kolom pencarian.

  • Pilih Item atau tagihan yang akan dibayar

  • Kemudian klik tombol Lanjutkan Pembayaran.

  • Jika data sesuai klik tombol Simpan.

  • Selesai.

Step 2: Proses Transaksi Pembayaran Melalui Wali Siswa
  • Login sebagai siswa. (Untuk siswa username menggunakan NIS / Email dan password default untuk siswa adalah 123456)

  • Pilih menu Pembayaran.

  • Kemudian pilih item atau tagihan yang akan dibayarkan.

  • Pilih Metode Pembayaran.

  • Kemudian klik Lanjutkan Pembayaran.

  • Jika data sesuai maka klik tombol Bayar.

  • Akan Muncul halaman pembayaran Midtrans.

  • Klik Lihat Nomor Rekening.

  • Klik Mohon Selesaikan Pembayaran.

  • Klik Detail Transaksi dapat dilihat disini, untuk melihat Detail

  • Transaksi pembayaran secara lengkap.

Step 3: Test Pembayaran Menggunakan Simulator

Last updated